Berita
Kembali

PELAKSANAAN AUDIT RESERTIFIKASI ISO 9001 SMM & SURVEILLANCE ISO 45001 SMK3 PT TELKOM AKSES

2025-03-07
<div>PELAKSANAAN AUDIT RESERTIFIKASI ISO 9001 SMM & SURVEILLANCE ISO 45001 SMK3 PT TELKOM AKSES</div> Gambar

Jakarta – Telkom Akses berhasil melaksanakan Audit Resertifikasi ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu dan Audit Surveillance ISO 45001 untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Audit yang diselenggarakan pada tanggal 3-7 Maret 2025 ini dilakukan secara hybrid oleh lembaga sertifikasi British Standard Institution (BSI) Indonesia. (7/3)

Dalam sesi audit ini, proses dilakukan secara terintegrasi dengan menggabungkan kedua standar untuk meningkatkan efektivitas audit. Audit dipimpin oleh Andri Nugoro selaku Lead Auditor untuk ISO 9001, dan Ade Haris Mustafa selaku Lead Auditor untuk ISO 45001. Tim audit untuk ISO 9001 terdiri dari Sukma Erlangga Seto, Danang Gunarto, dan Erna Rahmawati. Lingkup audit ISO 9001:2015 dan ISO 45001:2018 mencakup scope yang dijaminkan kepada Badan Sertifikasi yaitu, “The provision of construction and manage service of telecommunication network and infrastructure”.

Proses audit melibatkan beberapa sampel lokasi dengan fungsi operasional dan support, di antaranya adalah Area Malang, Area Yogyakarta, Area Cirebon, serta lokasi Head Office yang terdiri dari fungsi Human Capital Management, fungsi Procurement & Partnership Management serta fungsi Inventory & Asset Management.

Hasil dari audit ini menyatakan “Your ISO 9001:2015 Re-certification & ISO 45001:2018 Continued Certification is RECOMMENDED” bahwa Telkom Akses direkomendasikan untuk melanjutkan sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu (SMM) dan ISO 45001:2018 untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) untuk tahun 2026 mendatang.

Pada sesi closing meeting, Isdianto, selaku SGM Quality Management & HSE serta Management Representative yang juga perwakilan dari Top Management, menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras tim Telkom Akses dalam mempersiapkan audit ini. Beliau juga menekankan pentingnya terus menerapkan praktik terbaik dalam manajemen mutu dan keselamatan kerja, serta berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada Pelanggan.

Dengan pencapaian ini, Telkom Akses menegaskan komitmennya terhadap standar internasional dalam manajemen mutu dan keselamatan kerja, sebagai bagian dari upaya untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan Pelanggan.