Tata Kelola Tata Kelola
TATA KELOLA PERUSAHAAN


Telkom Akses berkomitmen secara berkelanjutan untuk menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku secara menyeluruh dan konsisten dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.

Penerapan tata kelola perusahaan yang baik menjadi landasan yang kuat untuk menghadapi perubahan lingkungan bisnis di masa depan. Telkom Akses meyakini melalui penerapan prinsip-prinsip GCG secara berkesinambungan dapat meningkatkan kinerja Perusahaan dalam memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan keberlangsungan bisnis jangka panjang.

PRINSIP-PRINSIP TATA KELOLA PERUSAHAAN


Dalam penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan, Telkom Akses telah menganut pedoman umum tata kelola perusahaan yang baik yang ditetapkan oleh Peraturan Kementerian BUMN serta Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) dengan penerapan TARIF sebagai 5 pilar dasar dari GCG yang meliputi Transparency (Transparansi), Accountability (Akuntabilitas), Responsibility (Tanggung Jawab), Independency (Independensi), dan Fairness (Keadilan).

Board Manual

Board Manual disusun berdasarkan prinsip-prinsip hukum korporasi,ketentuan Anggaran Dasar, peraturan perundang-undangan yang berlaku, keputusan Rapat Umum Pemegang Saham, serta best practice penerapan GCG. Penyusunan Board Manual dimaksudkan untuk menjelaskan hubungan kerja Dewan Komisaris dan Direksi dalam melaksanakan tugas agar pengelolaan Perusahaan berjalan secara profesional, transparan dan efisien. Penyusunan Board Manual merupakan salah satu wujud komitmen Perusahaan dalam mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG).

Board Manual merupakan pedoman dan petunjuk tatalaksana kerja bagi Direksi dan Dewan Komisaris yang menjelaskan tahapan aktivitas secara terstruktur, sistematis, mudah dipahami dan dapat dijalankan dengan konsisten, sehingga dapat menjadi acuan bagi Direksi dan Dewan Komisaris dalam melaksanakan tugas masing-masing untuk mencapai Visi dan Misi Telkom Akses.

Pengesahan Board Manual telah ditetapkan melalui Peraturan Direksi PT Telkom Akses No. 02693/HK.000/TA-350000/10-2022 tentang Board Of Director (BoD) Charter Direksi PT Telkom Akses dan Keputusan Dewan Komisaris PT Telkom Akses No. 08/KEP/DK-PTTA/2022 Tentang Board Of Commisioner (BoC) Charter Dewan Komisaris PT Telkom Akses.

Board Manual PT Telkom Akses Mengatur Antara Lain :

•Tata Laksana Kerja terkait Jabatan
•Tata laksana kerja terkait batas kewenangan
•Tata Laksana Kerja terkait pelaksanaan dan pengawasan operasional PT Telkom Akses

Read More
Pedoman Tata Kelola Perusahaan

Telkom Akses telah memiliki GCG Code sejak tahun 2022, saat ini Pedoman Tata Kelola Perusahaan Telkom Akses menggunakan GCG Code melalui Peraturan Perusahaan PT Telkom Akses No. 22084/HK.000/TA-350000/05-2022 tentang Pedoman Pengelolaan GCG (Good Corporate Governance) PT Telkom Akses.

 

GCG Code merupakan panduan dalam pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan peraturan yang berlaku, dengan memperhatikan kepentingan Pemegang Saham serta pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. Aspek yang diatur dalam GCG Code antara lain adalah prinsip-prinsip GCG, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Komisaris, Direksi, Independensi Komisaris dan Direksi, Program Pengenalan Komisaris dan Direksi, Komite Audit & Piagam Komite Audit, Internal Audit & Piagam Internal Audit, Komite Manajemen Risiko dan Piagam Manajemen Risiko, Komite Remunerasi dan Nominasi serta Piagamnya, Penciptaan Nilai bagi Pihak-Pihak yang Berkepentingan dan Kebijakan Disclosure Berkesinambungan.

 

Kebijakan Tata Kelola Perusahaan

 

Sebagai Perusahaan yang memiliki expertise secara end to end dalam value chain mulai tahap perencanaan, pembangunan hingga operasi dan pemeliharaan, Telkom Akses telah memiliki berbagai pedoman dan prosedur pelaksana kegiatan operasional sebagai bentuk komitmen penerapan tata kelola perusahaan yang berkualitas. Sampai dengan tahun 2023, Telkom Akes telah memiliki pedoman dan prosedur pelaksanaan kegiatan unit kerja, antara lain:

 

1.Pedoman Pengelolaan GCG (Good Corporate Governance)
2.Board of Director Charter (BoD Charter)
3.Board of Commisioner Charter (BoC Charter)
4.Kebijakan Manajemen Risiko Perusahaan
5.Pedoman Implementasi Manajemen Risiko Perusahaan
6.Kebijakan Pengendalian Gratifikasi
7.Prosedur Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System)
8.Kebijakan Sistem Manajemen Terintegrasi
9.Internal Audit Charter
‚óŹ
Komitment Terhadap Penerapan GCG

 

Penerapan tata kelola perusahaan yang baik adalah faktor penting dalam memelihara kepercayaan pemegang saham dan pemangku kepentingan. Bagi Telkom Akses, penerapan GCG bukan sekedar memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku melainkan elemen fundamental yang melandasi setiap aktivitas Perusahaan.

 

Penerapan GCG tidak hanya untuk memastikan perusahaan yang harus mematuhi semua peraturan perusahaan dan perundang-undangan terkait, namun memberikan panduan bagi manajemen dan karyawan untuk melakukan interaksi berdasarkan pada nilai-nilai moral yang merupakan bagian dari GCG.

 

Dengan penerapan GCG yang konsisten dan berkelanjutan diharapkan akan lahir standar kerja yang berkualitas dan berlandaskan etika dalam jangka panjang.

Read More
Manajemen Risiko

Telkom Akses sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang informasi, teknologi dan telekomunikasi secara konsisten berupaya menjaga kelangsungan bisnis perusahaan agar terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk itu, Telkom Akses memperkuat sistem pengendalian internal melalui pengelolaan risiko yang berlandaskan prinsip kehati-hatian, terintegrasi, efektif dan efisien pada setiap level organisasi. Manajemen Risiko (Risk Management) adalah proses terstruktur untuk mengelola Risiko yang dihadapi perusahaan dalam mencapai sasaran, berupa proses sistematis dan berkelanjutan untuk mengidentifikasi dan mengukur Tingkat Risiko, serta menentukan tindakan terbaik dalam mengurangi kemungkinan terjadinya Risiko, memperkecil dampak yang ditimbulkannya (atau kedua-duanya), maupun langkah lainnya guna memastikan/menciptakan keyakinan bahwa sasaran perusahaan dapat dicapai.

 

Dasar pelaksanaan manajemen risiko di Telkom Akses adalah sebagai berikut:

1.Peraturan Mentri BUMN No. 02/MBU/03-2023
2.Peraturan Direksi PT. Telekomunikasi IndonesiaPD.614.00/r.01/HK.200/COP-D0030000/2021  Manajemen Risiko Perusahaan
3.Peraturan Direksi PT. Telkom Akses 22804/HK.000/TA-350000/05-2022 tanggal 31 Mei 2022 Pedoman Pengelolaan Good Corporate Governance PT. Telkom Akses
4.Peraturan Direksi PT. Telkom Akses PD. 01445/HK.000/TA-350000/03-2023 tanggal 31 Maret 2023 Manajemen Risiko Perusahaan (Telkom Akses Enterprise Risk Management)
5.Peraturan Perusahaan PT. Telkom Akses PR.19798/HK.000/TA-36000/03/2023 tanggal 31 Maret 2023 Pedoman Implementasi Manajemen Risiko Perusahaan(Telkom Akses Enterprise Risk Management)
6.Prosedur Enterprise Risk Management TA-PR-067 tentang Prosedur implementasi Manajemen Risiko Perusahaan Telkom Akses
7.Roadmaps Manajemen Risiko 2021 – 2025.

Read More
Annual Report

Telkom Akses telah menunjukkan komitmennya dalam berkontribusi terhadap kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Layanan yang disajikan oleh Telkom Akses terbukti mampu memberikan andil dalam menggerakkan roda perekonomian nasional. Berbagai layanan yang tersedia mampu menumbuhkan sektor-sektor lainnya terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Pencapaian ini tidak dipungkiri memiliki keterkaitan dengan dedikasi tinggi, komitmen, dan upaya seluruh pegawai Telkom Akses dalam menemukan solusi, namun juga melaksanakan dengan penuh keyakinan bahwa tantangan dapat diatasi.

Read More
Informasi Pemegang Saham