Tata Kelola Tata Kelola
Pedoman Tata Kelola Perusahaan


Telkom Akses telah memiliki GCG Code sejak tahun 2022, saat ini Pedoman Tata Kelola Perusahaan Telkom Akses menggunakan GCG Code melalui Peraturan Perusahaan PT Telkom Akses No. 22084/HK.000/TA-350000/05-2022 tentang Pedoman Pengelolaan GCG (Good Corporate Governance) PT Telkom Akses.

 

GCG Code merupakan panduan dalam pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan peraturan yang berlaku, dengan memperhatikan kepentingan Pemegang Saham serta pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. Aspek yang diatur dalam GCG Code antara lain adalah prinsip-prinsip GCG, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Komisaris, Direksi, Independensi Komisaris dan Direksi, Program Pengenalan Komisaris dan Direksi, Komite Audit & Piagam Komite Audit, Internal Audit & Piagam Internal Audit, Komite Manajemen Risiko dan Piagam Manajemen Risiko, Komite Remunerasi dan Nominasi serta Piagamnya, Penciptaan Nilai bagi Pihak-Pihak yang Berkepentingan dan Kebijakan Disclosure Berkesinambungan.

 

Kebijakan Tata Kelola Perusahaan

 

Sebagai Perusahaan yang memiliki expertise secara end to end dalam value chain mulai tahap perencanaan, pembangunan hingga operasi dan pemeliharaan, Telkom Akses telah memiliki berbagai pedoman dan prosedur pelaksana kegiatan operasional sebagai bentuk komitmen penerapan tata kelola perusahaan yang berkualitas. Sampai dengan tahun 2023, Telkom Akes telah memiliki pedoman dan prosedur pelaksanaan kegiatan unit kerja, antara lain:

 

1.Pedoman Pengelolaan GCG (Good Corporate Governance)
2.Board of Director Charter (BoD Charter)
3.Board of Commisioner Charter (BoC Charter)
4.Kebijakan Manajemen Risiko Perusahaan
5.Pedoman Implementasi Manajemen Risiko Perusahaan
6.Kebijakan Pengendalian Gratifikasi
7.Prosedur Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System)
8.Kebijakan Sistem Manajemen Terintegrasi
9.Internal Audit Charter

Komitment Terhadap Penerapan GCG

 

Penerapan tata kelola perusahaan yang baik adalah faktor penting dalam memelihara kepercayaan pemegang saham dan pemangku kepentingan. Bagi Telkom Akses, penerapan GCG bukan sekedar memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku melainkan elemen fundamental yang melandasi setiap aktivitas Perusahaan.

 

Penerapan GCG tidak hanya untuk memastikan perusahaan yang harus mematuhi semua peraturan perusahaan dan perundang-undangan terkait, namun memberikan panduan bagi manajemen dan karyawan untuk melakukan interaksi berdasarkan pada nilai-nilai moral yang merupakan bagian dari GCG.

 

Dengan penerapan GCG yang konsisten dan berkelanjutan diharapkan akan lahir standar kerja yang berkualitas dan berlandaskan etika dalam jangka panjang.