Berita
Kembali

PERESMIAN PUSAT PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN RISET FIBER OPTIK DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

2024-03-07

Malang, Telkom Akses dan Universitas Brawijaya merealisasikan peresmian kerjasama pembangunan laboratorium Fiber Optic yang berlokasi di Lab Elektro Universitas Brawijaya. (7/3)

Peresmian ini dihadiri oleh Direktur HC & Information Technology PT Telkom Akses, Nizar, Head Of Regional Jawa Timur Balinusra, Arief Wibisono, Executive General Manager Digital Network Services, Benny Yulianto Atmadja dan Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo. S.Si., M.Si., Ph. D. Med. Sc., Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P. dan Wakil Rektor Bidang Keuangan & Sumber Daya, Prof. Dr. Muchamad Ali Safaat, S.H. , M.H.

Pembangunan lab tersebut nantinya akan diperluas menjadi Pusat Pendidikan Pelatihan dan Riset Teknologi Telekomunikasi Fiber Optic di lingkungan Universitas Brawijaya. Dengan memfokuskan kurikulum Connectivity dengan silabus dan materi pengelolaan perangkat passive fiber optic di industri telekomunikasi, Services membahas tentang management end to end perangkat aktif dari core sampai dengan pelanggan dan Design & Inventory membahas tentang perencanaan deployment akses telekomunikasi fiber optic. Sehingga kedepannya, Universitas Brawijaya dapat melakukan Pendidikan & Pelatihan secara mandiri dan berkelanjutan agar menghasilkan tenaga kerja yang siap pakai di industri telekomunikasi.

Dalam sambutannya, Nizar menyampaikan bahwa telekomunikasi saat ini menjadi kebutuhan utama dalam mendukung industri digital, teknologi robotic, dan AI akan memaksa kita untuk membuat cara kerja yang baru sehingga dapat lebih cepat dan pemeliharaan (maintenance) lebih simple dan efektif. Harapan nya Lab Universitas Brawijaya dapat menjadi salah satu pusat penelitian yang menerbitkan standar baru di industri telekomunikasi untuk diimplementasikan dalam 1 (satu) region maupun secara nasional.